(Sedikit) Review Witch’s Court (Korean Drama)

Tanggal 21 April di Indonesia diperingati sebagai Hari Kartini. Ini merupakan tonggak awal kemerdekaan wanita Indonesia. Hal ini bisa dikaitkan dengan istilah girl power.

Dulu waktu kuliah, saya gak selektif sama karakter lead female di suatu drama Korea. Entah sejak kapan, entah setelah mengalami asam garam kehidupan dalam kesulitan mencari kerja selepas lulus kuliah, atau sejak kapan, pokoknya sekarang jadi lebih selektif dalam memilih karakter lead female suatu drama. Jadi kalau karakter si lead femalenya lemah atau genit, males banget nontonnya. Padahal jaman SD suka banget Itazura na Kiss dengan karakter lead female yang parah banget, tapi ya itu dulu sih. Tapi ya masih dimaklumi kalau genrenya comedy.

Sejak nonton Prosecutor Princess (ini nontonnya jaman maba)dan I Can Hear Your Voice (yang diawali gak sengaja nonton di RC*I) jadi suka drama hukum tentang pengacara/hakim/jaksa. Karakter Jang Hyesung (Lee Boyoung) sebagai lead female di I Can Hear Your Voice bener-bener menarik. Dia pinter, tangguh, tapi di sisi lain dia nyebelin juga, pokoknya paling suka karakter lead female macem gini.

Sekitar beberapa bulan lalu, nemu drama dengan karakter lead female semenarik Hyesung dan dengan beberapa plot yang senada dengan I Can Hear Your Voice, judul dramanya adalah Witch’s Court. Lead female di sini bernama Ma Yideum (Jung Ryeowon). Episode pertama digambarkan kehidupan Ma Yideum yang masih SD dengan ibunya. Ini mengingatkan pada Hyesung yang juga tinggal berdua dengan ibunya. Hubungan antara Ma Yideum dan ibunya senada dengan Hyesung dan ibunya, mereka sangat dekat, saling menyayangi, keduanya bukan tipe ibu yang lemah lembut tapi tetap penuh kasih sayang. Ada scene Ma Yideum kehilangan ibunya, sama seperti Hyesung. Namun cara mereka berdua kehilangan ibunya berbeda, lagipula di akhir episode, Ma Yideum kembali bertemu dengan ibunya. Berbeda dengan Hyesung yang kehilangan ibunya untuk selama-lamanya.

Awalnya cuma download Witch’s Court satu episode, coba-coba doang. Pas udah beres download, coba diliat dicepet-cepetin gitu, udah langsung tertarik. Tentu faktor yang menarik ini adalah karakter lead femalenya. Sama kayak Hyesung, Ma Yideum juga pinter, tangguh, dan nyebelin. Malah Ma Yideum lebih nyebelin dari Hyesung, dia lebih sinis orangnya, tapi justru itu yang membuat dia makin keren. Kalau Hyesung diceritakan sebagai seorang pengacara, Ma Yideum diceritakan sebagai jaksa. Paling suka liat Ma Yideum senyum sinis penuh kemenangan.

Di Witch’s Court ini, romantismenya juga dikit banget, ideal banget buat saya yang (sekitar sejak 2016) gak suka drama romance. Karakter lead malenya pun menarik karena dia digambarkan sebagai lelaki yang baik, tapi tidak terlalu romantis, intinya karakternya terlihat realistis dan tidak terlalu manis. Drama Witch’s Court ini bagus banget menurut saya, cuma gak suka di episode akhir ada scene penculikan, terlalu klise. Tapi endingnya bagus, tidak hanya memperlihatkan ending bagi pemeran utama saja. Di akhir diceritakan sepenggal kisah rekan-rekan Ma Yideum di kejaksaan.

Selain itu ada juga scene sangat mengharukan saat Ma Yideum berhasil menjatuhkan tuntutan kepada Jo Gapsoo (si penjahat utama), lalu ibu Ma Yideum yang hilang ingatan tiba-tiba kembali ingat kepada Ma Yideum saat ia melihat sosok Ma Yideum kecil tersenyun padanya. Ma Yideum dan ibunya berpelukan sambil menangis.

Sedangkan akhir kisah Ma Yideum dan Yeo Jinwook (Yoon Hyunmin) tetap gantung walaupun mereka saling mencintai. Mereka masih gengsi untuk mengakui bahwa mereka saling mencintai.

Di bawah ini adalah scene penutup drama ini yang sempurna memotret kerennya karakter Ma Yideum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s