漢字を勉強しようよ! (Let’s Learn Kanji!)

Tulisan di atas itu dibacanya かんじをべんきょうしようよ (kanji wo benkyoushiyou yo). Mau pake furigana tapi kayaknya kurang asoy (?). Bagi hampir semua orang yang belajar bahasa Jepang, pasti kanji adalah salah satu momok paling malesin. Tapi kalau mau bisa bahasa Jepang, mau gak mau ya harus bisa baca kanji.
Sebulan yang lalu kepikiran mau belajar Kanji lagi dan tiba-tiba dapet wangsit (?) kayak gini “Kanji N5 yang udah didownload ada 34 lembar, berarti kalo hapalin selembar perhari, ditambah lagi udah ada kanji yang udah hapal sebelumnya, niscaya sebulan udah bisa hapal semua kanji N5”. Emang iya kalo liat itung-itungan sih masuk akal TAPI yang gak masuk akal adalah pelaksanaannya. Bulan lalu sempet nyoba belajar kanji dari kanji list yang didownload dari website tanos. Bentuknya itu tabel biasa. Jadi, ada empat tabel (nomor, kanji, cara baca kanji, artinya).

kanji-listn5-1-638.jpg

Kanji List N5 from Tanos (cr: slideshare.net)

Dengan pedenya coba ngapalin selembar sehari. Nyampe lima lembar pertama masih oke. Tapi lama-lama rasanya gak efektif juga karena pas udah nyampe lembar ke-10, udah lupa beberapa kanji sebelumnya. Ngerasa gak bisa dengan cara kayak gitu, akhirnya iseng nyoba download aplikasi di hp sama e-book kanji (modal gratis dulu). Berikut aplikasi dan buku yang dipake sekarang:

1. Aplikasi
Awal-awal nyari aplikasi kanji, lebih tertarik sama yang banyak gambar atau gamesnya, pokoknya yang tipikal buat belajar anak kecil banget. Tapi tiap nemu aplikasi kayak gitu, ya kanjinya juga kanji-kanji yang udah hapal, yang seribet-ribetnya cuma kanji macem makan, minum, baca, dll. Akhirnya pasrah nyari aplikasi yang tulisan-tulisan doang. Lalu nemu deh satu aplikasi di hp yang paling cocok (pendapat pribadi) namanya Kanji Dictionary. Jadi di aplikasi ini kita dijelasin kanjinya terdiri dari radikal apa aja dan bisa nyari kanji sesuai radikalnya juga, kan enak bisa tau radikal tersebut ada di kanji apa aja (konon katanya biar mudah belajar kanji harus tau radikal-radikalnya, emang bener juga). Terus ada langkah penulisan kanjinya juga, warnanya warna merah dengan latar belakang putih, kan asik gak item putih mulu.

index

Kanji Dictionary (cr: apkpure.com)

2. E-book
Ada tiga buku yang nyantol (?) di hati dan semuanya satu seri. Dimulai dari Basic Kanji vol 1, Basic Kanji vol 2, dan Intermediate Kanji vol 1. Awalnya sama kayak nyari aplikasi, belum nemu yang cocok. Terus pas nemu buku Basic Kanji vol 1, langsung ngerasa cocok. Jadi bukunya itu tipikal buku klasik (?). Tapi ya asik sih ada gambarnya dan diajarin pertahap per bab nya. Misalnya tiap awal bab dikasih gambar dulu kira-kira kita bakal belajar kanji apa aja. Abis itu ditunjukin kanji-kanji yang bakal kita pelajari (per bab biasanya ada 10 kanji satuan (?)). Terus dijelasin per kanji itu tahap penulisannya gimana, artinya apa, kunyomi-onyominya gimana, dikasih sekitar tiga contoh gabungan kanji itu sama kanji lain, ada latihan yang tulisannya hiragana dan kita harus nulis kanjinya, cerita yang pake kanji-kanji yang dipelajari di bab itu, pokoknya banyak deh latiannya dan asik gak bikin pusing. Dibanding cara yang dicoba bulan lalu, rasanya belajar pake buku ini lebih efektif. Gak terlalu cepet lupa setelah pake buku ini, bisa dibilang nempel lah kalo dipelajari tiap hari. Makanya abis itu langsung cari seri lainnya dan dapet Basic Kanji vol 2 dan Intermediate Kanji vol 1. Dua e-book itu dapet dari website japandaisuki. Ukurannya juga gak gede kok yang basic kanji, yang vol 1 kurang dari 5MB (221 halaman), yang vol 2 kurang dari 10MB (276 halaman). Kalo yang intermediate sih lumayan dibanding yang basic 34MB (860 halaman). Di basic kanji vol 1 kita diharapkan udah hapal 100 kanji, vol 2 nya 500 kanji, di intermediate vol 1 1000 kanji.

g129.JPG

Basic Kanji Book Vol. 2&1 (cr: hirose1117.ocnk.net)

intermediate-kanji-book-kanji-1000-plus-vol2.jpg

Intermediate Kanji Book Vol. 1 (cr: shop.jpbooks.co.uk)

Segitu dulu untuk postingan kali ini. Belum bisa posting materi pelajaran nih, kapan-kapan deh kalo lagi mood coba bikin (entah kapan). Bagi yang mau nanya atau request tentang grammar (jangan yang susah-susah juga, まだ上手ではありません wwww) silakan tulis di kolom komentar. Siapa tau kalo ada yang request tiba-tiba dapet wangsit (?) mau nulis tentang materi apa. Abis kadang bingung juga mau bahas apa. Mau bahas yang dasar-dasar banget, kayaknya udah banyak juga materi di internet yang pake bahasa Indonesia. Biasanya yang agak susah dikiiiiiiit itu yang jarang ada pake bahasa Indonesia. Jadi untuk materi coba dulu deh nunggu kali aja ada yang request ㅋㅋㅋㅋ. Akhir kata, このポストを読むありがとうございます。じゃあまたね ^^

P.S.: Nulis ini di hp jadi inget belum beresin fanfic dari kisah pribadi tentang si oppa……oppa yang sudah pergi huhahaha
P.S.S.: Bukan pergi meninggalkan (?) cuma pergi aja (?) huhahaha

ばんごう (ANGKA)

ばんごう (ANGKA)

 

          Dalam mempelajari bahasa asing, ‘angka’ merupakan salah satu komponen dasar yang harus dikuasai seseorang. Berikut ini daftar angka-angka dalam bahasa Jepang :

0

 

ゼロ

 

マル

れい

 

Serapan dari zero.

 

Maru berarti ‘lingkaran’ dalam bahasa Jepang, jadi kata マル ini diambil dari bentuk 0 yang memang berbentuk lingkaran .

1 いち
2
3 さん
4 よん/し
5
6 ろく
7 しち/なな
8 はち
9 きゅう
10 じゅう
11 十一 じゅういち
12 十二 じゅに
13 十三 じゅさん
14 十四 じゅよん
15 十五 じゅうご
16 十六 じゅうろく
17 十七 じゅうなな
18 十八 じゅうはち
19 十九 じゅうきゅう
20 二十 にじゅう
21 二十一 にじゅいち
22 二十二 にじゅうに
23 二十三 にじゅうさん
24 二十四 にじゅうよん
25 二十五 にじゅうご

  Continue reading

Kata Pengganti

KATA PENGGANTI ORANG

          Setiap tata bahasa memiliki subjek dan objek sebagai unsurnya. Untuk menyebut subjek dan objek, kita bisa menggunakan nama. Tapi terkadang menyebut nama cukup merepotkan, jika kita tidak mengetahui nama seseorang yang diceritakan misalnya. Atau karena meneyebut nama terkadang tidak lazim untuk beberapa keperluan. Berikut kata-kata pengganti orang :

 

  1. Kata ganti orang pertama (saya, aku, dsb)
私(わたくし) Untuk pembicaraan formal/sopan
私(わたし) Untuk pembicaraan sopan biasa
僕 (ぼく) Untuk pembicaraan cukup formal sampai yang santai (tapi lebih banyak dipakai oleh laki-laki daripada perempuan)
俺 (おれ) Untuk pembicaraan yang sangat santai. Sangat kasar, khusus digunakan oleh laki-laki (dalam bahasa Indonesia setara dengan ‘gue’)
あたし Untuk pembicaraan santai, digunakan oleh perempuan sebagai cara menyebut ‘saya’ dengan cara yang sangat feminin. Tapi kebanyakan perempuan lebih memilih menggunakan  ‘わたし’  karena  ‘あたし’  dianggap terlalu imut dan terlalu feminin
わし Biasa digunakan oleh orangtua di atas separuh baya
Menggunakan nama sendiri Menyebut nama sendiri dalam bercerita juga bisa, cara ini dianggap feminin dan agak kekanak-kanakan
私たち/僕たち Artinya kami atau kita

  Continue reading

カタカナ (KATAKANA)

カタカナ (KATAKANA)

 

          Huruf kedua yang harus dipelajari dalam rangka belajar bahasa Jepang adalah katakana. Huruf ini lebih jarang digunakan daripada hiragana dan kanji. Karena kegunaan utama huruf ini adalah untuk menulis kata asing (kata yang tidak ada dalam bahasa Jepang), misalnya :

  1. 1.  Menulis nama orang asing, misal nama kita karena kita orang luar Jepang. Nama negara yang tidak ada bahasa Jepangnya, misal ‘Jerman’ dalam bahasa Jepang jadi Doitsu (dari kata Deutch). Berbeda dengan Cina dan Korea yang ada bahasa Jepangnya (Cina=Chuugaku, Korea=Kankoku). Dan nama-nama lain yang tidak ada dalam bahasa Jepang.
  2. 2.  Dan kata-kata serapan bahasa asing, misal ‘internet’ yang ditulis dalam bahasa Jepang jadi intaanetto.
  3. 3.  Katakana juga bisa dipakai untuk menekankan suatu kata (semacam membold suatu kata dalam suatu tulisan).

 

 

(n)

K

S

T

N

H

M

Y

R

W

A

I

(shi)

(chi)

 

 

U

(tsu)

(fu)

 

E

 

 

O

  Continue reading